Hasil pemantauan Jogjakarta Institute dan Jaringan Indonesia Raya (JIRA), 8 kursi DPR RI 2014-2019 dari daerah pemilihan DIY akan berubah. Hasil pemantauan itu berdasarkan penghitungan real count melalui data C 1 hingga hari Sabtu (19/4/2014) yang diperoleh dari relawan yang tersebar di 5 kabupaten/kota se-DIY, di 78 kecamatan dan 438 desa.

Posisi pertama ditempati ketua DPD PDIP DIY, Idham Samawi (PDIP) dengan perolehan suara 117.214. Kedua Esti Wijayati (PDIP) sebanyak 98.112 suara. Ketiga Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto (Golkar) sebanyak 80.121 suara. Keempat Andhika Pandu Purugabaya (Gerindra) sebanyak 78.718 suara. Kelima KRMT Roy Suryo (Demokrat) dengan 77.023 suara.

Selanjutnya urutan keenam Ahmad Hanafi Rais (PAN) 76.919 suara. Ketujuh Pulung Agustanto (PDIP) sebanyak 76.717 suara dan kedelapan adalah Sukamta (PKS) sebanyak 76.313 suara.

Pemilu 2014 memang penuh kejutan. Salah satunya adalah kebangkitan kembali trah Cendana lewat Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto (Golkar). Mbak Titiek diprediksi bakal lolos ke DPR. Senyum sang ayah, Jenderal (Purn) Soeharto, yang selalu menemani Titiek kampanye rupanya sukses mengantar mantan istri Prabowo Subianto ini ke Senayan.

Titiek sendiri memang terus mengingatkan warga Yogyakarta dan sekitarnya dengan slogan 'Isih Penak Zamanku To?". Bahkan Titiek juga menyerukan slogan itu di kampanye akbar Golkar. Seperti saat dia jadi jurkam di di Lapangan Degung, jalan Magelang, Yogyakarta pada Sabtu (29/3) lalu.

"Kalau saya tanya piye kabare, kalian jawab enak zamanku, ya," ajak putri ke-2 Soeharto itu kepada massa
Titiek memang 'menjual' The Smiling General dalam kampanye Pileg. Perempuan 54 tahun itu bahkan memasang foto Pak Harto sedang tersenyum dan melambaikan tangan ke rakyat dalam balihonya, lengkap dengan tulisan 'Putri Ngayogyokarto, Putrane Pak Harto'. Sepertinya itu trik mujarab. Buktinya kini Titiek meraih suara signifikan di Yogyakarta.
 
Top