Duet Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kala kerap disebut sebagai pasangan ideal dalam berbagai survei. Beredar kabar duet Jokowi-JK akan segera diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan informasi internal partai, kedua pasangan ini akan diumumkan sebelum masa kampanye berakhir. Seperti diketahui masa kampanye peserta pemilu akan berakhir pada 5 April 2014 mendatang. JK disebut sebagai sosok yang ideal untuk mendampingi Jokowi dengan pengalamannya dan tidak menjadi bumerang saat Jokowi dalam menjalankan pemerintahannya kelak. 

Harapannya dengan diumumkannya duet Jokowi-JK, maka suara partai berlambang banteng itu akan naik di atas 30 persen. Sayangnya, tanggal pasti pengumuman duet Jokowi-JK masih dirahasiakan.

Dalam berbagai survei, duet Jokowi-JK dianggap paling ideal untuk Indonesia ke depan. Pada survei Charta Politika nama Jusuf Kalla muncul sebagai cawapres favorit menurut responden dibanding nama-nama lainnya. 20 persen responden mengatakan Jusuf Kalla paling tepat sebagai cawapres.

Jokowi mengatakan, ada tujuh makam yang dikunjungi. Menurutnya, berziarah ke makam para sultan ini diperlukan dalam rangka mengingat para pejuang yang merupakan bagian dari sejarah. Jokowi ingin mengenal secara dalam mengenai Banten. Tadi ke pasar, pusat pertokoan, juga Kesultanan Banten, termasuk warisan pusaka yang harus dilindungi. Tadi salat Jumat di Masjid Kesultanan. Di masjid itu juga ada makam 7 sesepuh Banten. Seperti Sultan Maulana, Sultan Haji, Sultan Hasanuddin dan lainnya. Kita mendoakan agar beliau-beliau ini yang memperjuangkan Banten dan islam di sini mendapatkan tempat terbaik.

Jokowi tak takut disebut melakukan kegiatan klenik. Sebab ziarah dan mendoakan para leluluhur dianggapnya adalah hal yang wajar.
 
Top